Pages

ketik, untuk mencari sesuatu

Tuesday, March 27, 2012

Ubah Kelistrikan Yamaha Mio Jadi DC

Ubah Kelistrikan Yamaha Mio Jadi DC, pakai kiprok Honda Tiger
Ubah Kelistrikan Yamaha Mio Jadi DC pakai kiprok tigerYamaha Mio punya sistem penerangan lampu tipe AC. Ketika aplikasi lampu HID (High Intensity Discharge), maka aki di skubek berkapasitas 113 cc itu bisa saja tekor. Apalagi, arus pengisian aki dari kiprok belum tentu kuat dan stabil buat suplai arus besar yang dibutuhkan sistem lampu HID. Maka itu, sistem kelistrikan kudu diubah jadi DC.

Cara ubah sistem kelistrikan itu bisa tempuh lewat penggantian kiprok. Cukup ganti kiprok Yamaha Mio dengan kiprok Honda Tiger. Tapi, harus teliti merangkainya.

Itu karena rangkaian di kiprok Tiger punya lima terminal kabel. Di bagian atas ada tiga. Terminal di sisi paling kiri atas, dihubungkan ke kabel merah (aki Mio), trus ke kunci kontak. Lalu, terminal bagian tengah atas arus balik dari kunci kontak ke kiprok (kabel cokelat). Terminal paling kanan, untuk masa (ground). Sedangkan di bagian bawah, ada dua terminal. Kedua terminal ini, punya fungsi sama. Yaitu, buat arus dari sepul. Lebih jelas lihat gambar rangkaian di atas.

Tapi, ketika dipasang di Mio, tentu butuh penyesuaian lagi. Terutama, dari terminal yang di bagian bawah. Karena kalau bagian atas, fungsinya sama.

Dari Mio, buat antar arus ke kiprok pakai kabel warna putih, hitam dan kuning. Nah, ketika dipasang ke kiprok Tiger, hanya dua kabel yang dipakai. Yaitu, hitam dan putih. Kedua kabel ini mengambil tempat di terminal bagian bawah. Posisi kabelnya bebas pilih. Mau yang hitam disisi kiri atau kanan juga bisa.

Lewat metode ini, sistem kelistrikan menjadi fullwave. Tapi, agar pengisian aki makin enggak tekor, selain ganti kiprok Honda Tiger, bisa juga andalkan regulator tambahan. Misalnya, bikinan VRT (Violeta Rumble Team).

Fungsinya buat mengatur dan meregulasi pengisian dan sistem charging. Harga tergantung untuk motor apa. Misal, buat Honda Vario Rp 400 ribu, Yamaha Mio Rp 350 ribu. Itu termasuk ongkos pasang.

Tentunya melalui pemasangan rangkaian kabel yang benar dan penambahan part seperti regulator, bikin kebutuhan listrik terpenuhi. So, tak ada istilah lagi aki tekor.

Referensi: motorplus.otomotifnet.com

Informasi Menarik Lainnya:
Honda Blade Pakai Tensioner Keteng Kaze
Modifikasi Yamaha mio
Karat di Karburator Vakum
Hati-hati Saat Oversize Piston
Modifikasi Honda Astrea Grand
Maksimalkan Puli CVT Belakang
Efek Pasang Busi Panjang di Head Ulir Pendek
Modifikasi Yamaha Jupiter-Z #4
Sudut Antara Batang Klep dan Payung Klep
Modifikasi Suzuki Shogun 125
Untung Rugi Batang Klep Kecil
Review SuksesIklan.Com
Modifikasi Honda Mega Pro
Teknik Korek Lubang Porting Baru
Modifikasi Yamaha Fino
Teknologi Suzuki Nex
Ring Tembaga
Modifikasi Yamaha Nouvo-Z

Jangan Lupa, Masukan email anda untuk mendapatkan informasi Terbaru Seputar Motor atau Artikel Menarik Lainnya dari blog ini


Setelah klik BERLANGGANAN, cek email anda lalu ikuti link untuk verifikasi

Delivered by FeedBurner

1 comments:

做愛 said...

龍筋保養油壓舒壓按摩
成人無碼DVD光碟
情趣跳蛋
免費視訊情色
百家樂
免費名模麻豆自拍
德州撲克線上
酒店經濟
情色聊天室

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda di sini !!!