Pages

ketik, untuk mencari sesuatu

Friday, March 12, 2010

Per Lebih Keras Usir Berisik

Seiring dengan semakin tuanya umur motor, semakin banyak komponen yang perlu mendapatkan perhatian lebih, supaya tunggangan kita tetap enak dikendarai.

Contohnya saja pada rantai keteng. Sama halnya seperti rantai roda, rantai keteng juga semakin lama akan semakin mulur. Yang akhirnya akan menimbulkan suara kasar yang gak enak didengar di sekitar mesin bagian depan.

Okelah gak masalah kalo hal demikian terjadi juga jika kantong kita lagi tebal. Tinggal diganti aza ama yang baru, beresss…

Tapi lain halnya jika hal demikian menimpa kita di saat duit kita lagi menipis, aduh tekorrr dech.

Tenang gak usah panik dulu. Ada cara yang cukup murah dan gak bikin kantong kita jebol. Cara ini pernah saya praktekan di motor Supra, Grand, Star, atau motor lainnya yang tensioner rantai ketengnya pake per (pegas).

Per keteng yang original dicopot, diganti sama per yang tekanannya lebih keras. Saya biasa pake per rem belakang sebagai gantinya. Per rem belakang dipotong sedikit disesuaikan dengan per original panjangnya, supaya bisa dipasang.

Setelah dipasang, coba hidupkan tuh motor. Dan dengarkan hasilnya.

Sudah beberapa kali saya pakai cara ini dan lumayan hasilnya oke… tadinya suara keteng yang berisik menjadi halus kembali.

Silahkan dicoba! Atau sobat-sobat punya cara yang laen…

Artikel Terkait: