Pages

ketik, untuk mencari sesuatu

Saturday, April 10, 2010

Deteksi Bunyi Dak Dik Duk di Motor Matik

Naik motor matik terdengar ada bunyi dak..dik..duk.. di rumah CVT pastinya nggak enak. Apalagi hentakan terjadi saat grip gas dibuka perlahan. Persis di motor bebek atau sport yang mengalami gejala rantai mulai kendur.

Persoalan seperti ini umumnya terjadi di semua motor matik yang kerja perantinya saling berkaitan. Buat yang alami hal itu, pasti ada part yang gak normal alias rusak. Akibatnya peranti di dalam rumah CVT jadi tidak bertalian. Dan untuk menganalisisnya, mendingan tanya langsung mekanik.

Kalau rantai kendur mudah dilihat. Tapi mendeteksi CVT bunyi, cover dan semua komponen harus dilepas. Sekalian mendeteksi part yang sudah aus dan harus diganti.

Paling awal cek kondisi belt. Bila sabuk dari karet campur benang ini mulai kendur, buka-tutup kedua puli jadi telat. Efeknya, kampas kopling pun lambat mentransfer tenaga ke roda belakang. Alhasil, timbul hentakan di girboks yang bercelah renggang.Informasi Seputar motor | admin-peluangusahadanbisnis.blogspot.com

Selain belt kendur, lihat ketebalan kampas sentrifugal (gbr. 1). Jika tapak sepatu kampas mulai tipis, biasanya jarak buka-tutup kampas tambah jauh. Makanya suara dak..,dik..,duk.. terasa.informasi seputar motor

Belt kendur bisa dilihat pada retakan di lingkar dalam. Tepatnya di bagian belt bergelombang (gbr. 2).

Tapi, kalau belum punya duit ganti kampas sentrifugal dan belt, meredam hentakan bisa aja ganti roler asli sama lebih berat pakai yang lebih ringan.

Referensi: Motorplus-online.com



Bookmark and Share


Artikel Terkait:

0 comments:

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda di sini !!!