Pages

ketik, untuk mencari sesuatu

Sunday, May 30, 2010

Larangan BBM Subsidi Untuk Bikers

Gratis 5$ buat anda, Silahkan Registrasi Di SINI
Larangan BBM Subsidi Untuk Bikers

Larangan BBM Subsidi untuk Bikers Mencerminkan Kebijakan Otoriter

Rencana pemerintah melarang sepeda motor memakai bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi, premium terus mendapat kecaman. Rencana itu dinilai keputusan sepihak yang merugikan mayoritas masyarakat pengguna sepeda motor.

Di tengah kerumitan dan karut-marutnya sarana transportasi massal di daerah perkotaan, yang disebabkan karena tidak layaknya kondisi angkutan umum, kebijakan tersebut mencerminkan sikap otoriter pemerintah yang enggan mencari solusi dan hanya mengambil jalan pintas tercepat yang tidak tepat.

"Kebijakan tersebut mencerminkan pemerintah yang otoriter, seharusnya pemerintah mau menyerap aspirasi dan melibatkan masyarakat sebelum mengeluarkan kebijakan," tutur Ketua Road Safety Association (RSA) Rio Octaviano, dalam surat elektronik yang diterima detikOto, Jumat (28/5/2010).

Fakta saat ini, mayoritas transportasi umum massal belum sepenuhnya aman, nyaman, dan terjangkau masyarakat.

Buntutnya, masyarakat berinisiatif memilih sepeda motor sebagai sarana mencari nafkah sehari-hari. Padahal di negara-negara maju, sepeda motor adalah kendaraan rekreasi dengan izin berkendara yang proses kepemilikannya tidak mudah.

"Pemerintah tidak bijaksana dengan serta-merta menghukum masyarakat yang berinisiatif membeli sepeda motor karena transportasi massal yang tidak layak. Pemerintah harus menyelesaikan pekerjaan rumahnya," tukas Rio.

Dia menambahkan, saat ini, jika rata-rata pengguna sepeda motor menggunakan BBM premium sebanyak 6 liter per minggu, berarti pengeluarannya mencapai Rp 27.000, namun jika harus beralih ke BBM non subsidi yakni Pertamax, pengeluaran per minggunya menjadi Rp 41.700. "Itu sama dengan terjadi kenaikan biaya bahan bakar sekitar 54,4%," tegas Rio lagi.

RSA mendesak agar pemerintah fokus mencari solusi pekerjaan rumahnya yang terbengkalai yaitu meningkatkan kualitas transportasi umum massal yang aman, nyaman, dan terjangkau.

Referensi: detik.com

Artikel Terkait:


Jangan Lupa, Masukan email anda untuk mendapatkan informasi Terbaru Seputar Motor atau Seputar Balap Motor

Delivered by FeedBurner

3 comments:

dimensi muslimah said...

waduh klo beralih ke pertamax sih...berat juga biayanya...harus ngocek kantong dalam2 ini mah..jgn sampe terjadi lah..

All About Indonesia said...

pusing pala ane klo premium gak berlaku lagi..harga pertamax kan lumayan mahal mas..menjerit lagi aja nih rakyat indonesia..

Zona Indonesia said...

Mudah mudahan ada manfaatnya... minimal buat karyawan Pom Bensin.
Motornya aza kreditan... tambah lagi nih.. biaya pengeluarannya... ekonimi semakin sulit...!! Peace :)

Post a Comment

Silahkan sampaikan komentar anda di sini !!!