Paking Tembaga Mampu Menahan Tekanan Tinggi
Para mekanik, terutama Mekanik balap, sudah biasa menggunakan paking tembaga. Biasanya dipakai oleh komunitas bore up atau balap liar. Dipasang diantara kepala dan blok silinder.
Bahan tembaga punya sifat lebih lentur. Kalau ditekan oleh blok dan kepala silinder, mampu mengikuti bentuk permukaan yang menekan. Sehingga bisa lebih rapat dalam menyekat kebocoran.
Salah satu contoh ring di baut kepala silinder, ada yang terbuat dari tembaga. Biasanya ring ini dipakai pada buat blok yang lubangnya dialiri pelumas. Ring tembaga ini mampu menahan pelumas yang bertekanan tinggi supaya tidak bocor. Coba kalau pakai ring biasa, dipastikan pelumas akan rembes. Berarti, ring tembaga flesibel mengikuti kontur permukaan yang harus disekat.
Nah, berdasarkan pemikiran itu, paking tembaga bisa dipakai untuk menutup kebocoran pada bagian yang bertekanan. Misalnya diantara blok dan kepala silinder. Yang disekat bukan cuma tekanan dalam silinder akibat kompresi ruang bakar. Tapi, disana juga terdapat tekanan pelumas.
Paking tembaga bisa digunakan diantara kepala silinder dengan blok juga karena tahan terhadap suhu tinggi. Tidak mudah terbakar. Mampu menahan panas ruang bakar.
Yang beredar di pasaran biasanya paking tembaga buatan Thailand. Tebalnya antara 0,5 sampai 0,8 mm.
Referensi: motorplus.otomotifnet.com
Informasi Menarik Lainnya:
Modifikasi Yamaha Jupiter-Z #2
AJS S3 Ingris
Modifikasi Honda Blade #2
Honda CX650 Jepang
Modifikasi Yamaha Vega
Spesifikasi Suzuki Nex
Akhirnya Suzuki nex Datang
Jangan Sembarang Ganti Spuyer di Motor 4-tak
Modifikasi Honda CB100
Karburator Standar Pilihan
Spesifikasi Yamaha New Scorpio Z
Modifikasi Yamaha Scorpio Z
Spesifikasi Honda Tiger
Kampas Kopling Honda Tiger Pakai Motor Cina
Kontes SEO Ban Terbaik di Indonesia GT Radial
Lubang Pembuangan CVT Harus Terhindar Dari Air
Modifikasi Honda Beat
Memaknai Rela Berkorban
0 comments:
Post a Comment
Silahkan sampaikan komentar anda di sini !!!